Langsung ke konten utama

Blog sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa





 KBMN 29

Pertemuan ke 28

Moderator:Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd

Narasumber: Bambang Purwanto, S.Kom,Gr


Sejalan dengan berkembangnya teknologi digitalisasi , banyak media yang dapat kita gunakan untuk beragam kebutuhan.Salah satunya Blog. 


*Blog* singkatan dari *WeBlog* adalah jenis situs web yang menyerupai tulisan- tulisan pada halaman web. 


Kali ini kita akan belajar memanfaatkan blog sebagai media dokumentasi, refleksi diri siswa. 


Pemateri kita yang luar biasa malam ini adalah seorang guru TIK, pegiat literasi, pendongeng, blogger, MC dan aktivis masyarakat. 


Beliau adalah Bapak Bambang Purwanto, S. Kom., Gr., CPS atau lebih dikenal dengan nama Mr. Bams.

Profil beliau 

Data Pribadi

Nama Lengkap : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.

Nama Panggilan : Mr. Bams, Ayah Salwa

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 6 April 1974

Agama : Islam

Status : Menikah

Pendidikan Terakhir : S1, STMIK AMIKBANDUNG. Jurusan Sistem Informasi, 2013

Alamat Rumah : Perumahan Lebakwangi Asri D4 No 26 RT 04 RW 13

Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung – 40379

No Telpon : 088809405468

NPWP : 586022329445000

Email : bangpurwa@gmail.com

Website : www.penamrbams.id

Youtube : Pena Mr. Bams

https://www.youtube.com/channel/UCDw-57I2kl77_hVmt9Orhjg

Motto Hidup : Mengisi Hidup Penuh Hikmah


Pendidikan Formal

• SD : SD Negeri 3 Banjaran Kabupaten Bandung, 1986

• SMP : SMP Negeri 1 Banjaran Kabupaten Bandung, 1989

• SMA : SMA Negeri Baleendah Kabupaten Bandung, 1992

• D-III : AMIK Bandung, Jurusan Manajemen Informatika, 1998

• S-1 : STMIK AMIKBANDUNG, Jurusan Sistem Informatika, 2013

Di sekolah tempat beliau bertugas beliau dihunjuk juga sebagai koordinator Literasi. Program setiap harinya adalah

1. Senin Membaca Kitab Suci

2. Selasa Cerita Pagi

3. Rabu Membaca Buku Pilihan Pribadi

4. Kamis Membaca Bergiliran Buku Pilihan Kelas

5. Jumat Membuat Cerita

Website http://literasi.smp.tarunabakti.sch.id/


Kegiata diluar

1. Sekretaris Umum Media Satu Guru Indonesia

2. Pimpinan Redaksi www.satuguru.id

Hasil karya Mr. Bams yg luar biasa hasil pemanfaatan Blog berjudul  *Hasil Refleksi Diri* yang  saat ini digunakan untuk siswa di SMP tempat Mr. Bams mengabdi. 


Blog yang kita gunakan sesungguhnya bisa membantu dalam proses pembelajaran. Blog bisa diisi dengan materi yang kita ajarkan kepada siswa kita di kelas.

Tampilan halaman depan ketika di laptop/komputer. Website http://penamrbams.id


Sebelum menjadi website sekarang penamrbams.id merupakan blog yang bernama bepenamrbams.wordpress.com


Tepat di Tanggal 27 April 2020 dalam suasana Covid-19  lahirlah website  www.penamrbams.id.  dengan modal biaya operasional sekitar 800ribu, kini sudah mencapai  1juta per tahunnya.

Memiliki blog atau website sangat menguntungkan bagi yang memiliki hobi menulis Kita dengan leluasa  menyimpan tulisan apapun, karena blog atau website milik sendiri. 


Gambar di atas adalah  ikon Informatika SMP itulah etalase bagi siswa yang  diajarkan dikelas oleh narasumber. 

Refleksi Diri Siswa

Kegiatan refleksi diri dilakukan di akhir pembelajaran.  Isi dari refleksi diri adalah perasaan siswa, apa saja yang didapat dan dirasakan oleh siswa bisa juga berupa masukan kepada gurunya (Mr. Bams) agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.

Pertanyaan Refleksi Diri

Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. 

Isian ini saya olah menggunakan excel. Setiap siswa yang mengisi akan mendapatkan poin. Poin bisa dikonversi ke Nilai. Nilai Refleksi diri dapat dibuat  menjadi Nilai Ulangan atau Nilai Tugas sesuai kesepakatan dengan peserta didik.


  Manfaat refleksi diri Bagi Siswa

1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran

2. Melatih praktik kemampuan menulis

3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang

4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat

 gambaran proses kegiatan pembelajaran


 Manfaat refleksi diri Bagi Guru

1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya

2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran

3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya

4. Alat ukur kedisiplan

Contoh Refleksi Diri.

Pada hari ini, kita pada awal pembelajaran melakukan ice-breaking di Quiziz mengerjakan 3 soal nomor, kita juga hari ini mencoba membuat satu program javascript di notepad dan jika sudah jangan lupa copy paste dan masukkan hasil programnya ke Word, masukkan pula ke Google Drive kita masing-masing, hari ini tidak ada masukan dari saya, Mr. Bams jangan lupa untuk menjaga kesehatan bapak dan istirahat yang cukup, Ancel tau bapak sedang banyak adanya pekerjaan dan tugas. Semoga hari-hari dan kegiatan kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Terimakasih

Hikmah dari refleksi diri adalah:  

Senangnya bisa membaca tulisan anak-anak yang kadang bisa membuat tersenyum, senang, bahagia bahkan kadang terharu dan menitikan air mata. Serasa tak percaya kok bisa ya seperti ini.

 Memunculkan empati adanya  kalimat diakhir refleksi diri ada yang memberikan doa (tanpa diminta). Ini keren lho, kita bisa melahirkan murid yang punya hati mulia, untuk selalu mendoakan orang lain.

Minggu depannya saat ketemu kembali dikelas, narasumber bisa memberikan saran untuk memperhatikan penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang benar kepada peserta didik.

Closing statment dari narasumber

Mari Belajar Tiada Henti

Berbahagialah dan beruntunglah bagi kita semua yang dinyatakan memiliki profesi guru. Profesi yang sangat mulia untuk dijalankan dimana saja. Guru yang membuat anak-anak bisa belajar dari tidak bisa menjadi bisa. Dari kurang menjadi cukup. 


Yakinkanlah bahwa kita mengajarkan mahluk hidup yang mulia, seorang manusia bukan sebuah robot yang bisa kita perintahkan ini dan itu. Maka selayaknya kita selalu berkomunikasi kepada Sang Pengerak dari mahluk tersebut. 


Mengisi bathin dengan spiritualitas tinggi tak tergantikan dengan teklogi secanggih apapun. Jadilah pemilik panggung di kelas bersama anak-anak yang hebat. Anak-anak yang kelak akan memimpin negeri ini.


Terbarkan kasih sayang disetiap detiknya, karena kasih sayang kita tak pernah marah dan mengeluh dengan keadaan. Kekuatan ilahi akan menemani kita guru-guru yang mau berpikir, belajar dan mempraktikan hal-hal yang baru untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.


Refleksi Diri tak akan berguna bila tidak ditindaklanjuti. Semoga materi ini bisa bermafaat untuk kita semua.

Terima kasih atas penyampaian ilmunya pak . Semoga kamin tetap amanah sebagai pendidik dan mampu mewujudkan peserta didik yang lebih baik lagi untuk generasi  Indonesia yang Mapan ke depannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seru seruan dengan pantun

 Pagi-pagi ibu menganyam  dengan menggunakan bantuan kayu  roti jala kari ayam  makanan khas anak Melayu Ada buah di pohon asem  musang terbang lalu berenang  mari makan ikan gulai asam  perut kenyang hati pun senang Jalan-jalan ke parsam pulangnya ketemu  Nek Sutik kalau senang dengan gulai masam  Tubuh sehat dan tambah cantik Kuda berlari jauh di depan Kakaek duduk bersama bibi Awali hari dengan sarapan Sarapan yang enak dengan serabi Lagi galau enaknya jalan jalan Ibu hamil ngidamnya masam Kalau  mau  lancar bayar cicilan  Rutinkanlah makan gulai asam. Jalan jalan ke jam gadang Santai di villa malamnya  Sajian istimewanya gulai  randang Air mata pengantin minumannya Jalan jalan ke kota Padang Pulang pulang badan lebam Jauh berjalan  banyak dipandang Balik ke rumah teringat ikan sombam Jalan jalan ke kota Rembang Pulangnya ketemu Pak Ardi Kalau adik sayang Abang Belikan dulu Abang serabi Kelapa hijau di tepi semak Induk kala  di tanah gurun Enak sekali si nasi lomak Makanan Melayu tu

Writing is My Passion

Rabu, 21 Juni 2023 KBMN: 29 Resume ke-2 Moderator: Sigit PN, SH Narasumber: Sri Sugiastuti, M.Pd Pernahkah kita melakukan sesuatu dengan penuh semangat, penuh cinta dan tak mengharapkan imbalan? Ya itu adalah passion atau renjana. Bisakah kegiatan menulis menjadi  passion bagi kita?  kenapa tidak. Bersama ratu antologi, Bunda Sri Sugiastuti atau biasa di panggil bunda Kanjeng kita akan membangkitkan renjana dalam diri kita untuk menulis. Topik inilah yang lebih kurang 2 jam di bahas kemaren malam bersama ibu narasumber Sri Sugiastuti, M.Pd. Sri Sugiastuti, lahir di Semarang, 8 April 1961. Beliau lulus SMA tahun 1980. Kuliah di UNS, lanjut S-2 di UMS dan lulus tahun 2010. Beliau sempat mengajar di Jakarta hingga 1990. Namun, cinta dan tanggung jawab beliau terhadap keluarga membawanya hijrah ke Solo.  Sejak 2 Juli 2018, beliau mendapat amanah sebagai Kepala SMK Tunas Pembangunan 2 Surakarta. Beliau aktif di berbagai komunitas literasi, telah menghasilkan 51 karya bukuSolo dan seratus le

Kaidah Pantun

 KBMN 29 Pertemuan ke-13 Moderator: Gina Dwi Septiani, S.Pd,M.Pd Narasumber: Miftahul Hadi, S.Pd      Malam ini sangat berkesan karena saya mendapat petunjuk dari fakarnya tentang kaidah membuat pantun. Awalnya saya kira berpantun ini cukup mudah, karena kadang mendengar pembawa acara  dengan gampangnya merangkai kata. Ternyata membuat pantun sedikit lebih sulit dari yang saya duga. Selain untuk komunikasi sehari-hari, pantun juga dapat digunakan dalam Sambutan pidato, menyatakan perasaan, lirik lagu, perkenalan maupun berceramah/dakwah. Fungsi pantun antara lain: 1. Sebagai alat pemelihara bahasa, pantun berperan sebagai penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berfikir. 2. melatih seseorang berfikir tentang makna kata sebelum berujar. 3.menunjukkan kecepatan seseorang dalam berfikir dan bermain-main dengan kata. 4.sebagai alat penguat penyampaian pesan.  Salah satu ciri khas pantun  adalah Rima. Pada kelas malam ini narasumber sengaja mengenalkan Rima. Ada Rima belakang atau Ri